Selasa, 23 April 2013

Bernyanyi, Temanpun Menjadi Penilai

Guru menilai itu sudah biasa, namun jika teman yang menilai itu baru luar biasa. Seperti yang terjadi di Kelas 3 ini, disaat pelajaran yang bertemakan menyanyi, seluruh siswa kelas 3 ini maju satu per satu untuk bernyanyi di depan kelas. lagu yang dibawakan boleh lagu Wajib, Lagu Nasional, atau lagu Anak-anak.

Hal ini dilakukan guru untuk menghindari kebosanan siswa dalam mengikuti pembelajaran setiap harinya. sehingga berbagai model pembelajaranpun terus dikembangkan dengan ide-ide baru dan menarik.

Cara kerja penilaiannya ini pun sangat sederhana, siswa menulis semua nama temannya terkecuali namanya sendiri dikertas masing-masing, setelah itu guru memanggil satu per satu siswa untuk menyanyi di depan kelas, bisa berdasarkan absen maupun tidak. Setelah salah satu teman telah selesai bernyanyi, siswa yang lainnya mulai menilai dengan skor antara 10-90. Penilaian ini berdasarkan kelancaran bernyanyi, lafal yang benar maupun sikap saat bernyanyi.

Setelah semua telah usai menyanyi, skor nilai semuanya dikumpulkan ke guru pengajaran untuk dirata-rata untuk mengetahui hasil akhir nanti. Dengan cara ini siswa terbukti lebih aktif dan antusias serta tidak ada yang merasa mengantuk saat mengikutinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar